Selasa, 06 Oktober 2015

5 Hal yang membuat anda harus belajar dari sejarah

Secara Etimologi kata sejarah berasal dari bahasa arab yaitu (شجرة: šajaratun) secara istilah kata ini memberikan gambaran sebuah pertumbuhan peradaban manusia dengan pelambang "pohon" yang bermula dari sebuah biji yang tumbuh menjadi pohon yang rindang dan melahirkan bibit yang baru dan hal ini terus bekesinambungan. 

dan dari artikel ini saya akan mengajak anda untuk mengkaji sejarah karena .......?


jawabannya ada disini :

1. Dapat mempelajari berbagai cabang ilmu

Walaupun sejarah merupakan salah satu dari cabang ilmu namun ruang lingkupnya sangat luas perlu klasifikasi yang baik untuk memudahkan pembelajaran, itulah kenapa kebanyakan sejarawan memiliki keahlian di spesialisasi masing-masing .
ada banyak cara untuk memilah informasi dalam sejarah, antara lain :
  • berdasarkan kurun waktu (kronologis).
  • berdasarkan wilayah (geografis).
  • berdasarkan kelompok suku bangsa (etnis).
  • berdasarkan topik atau pokok bahasan (topikal)
Dalam pemilahan tersebut, harus diperhatikan bagaimana cara penulisannya seperti melihat batasan-batasan temporal dan spasial tema itu sendiri. Jika hal tersebut tidak dijelaskan, maka sejarawan mungkin akan terjebak ke dalam falsafah ilmu lain, misalnya sosiologi. Inilah sebabnya Immanuel Kant yang disebut-sebut sebagai Bapak Sosiologi mengejek sejarah sebagai "penata batu-bata" dari fakta-fakta sosiologis.
Banyak orang yang mengkritik ilmu sejarah. Para pengkritik tersebut melihat sejarah sebagai sesuatu yang tidak ilmiah karena tidak memenuhi faktor-faktor keilmuan, terutama faktor "dapat dilihat atau dicoba kembali", artinya sejarah hanya dipandang sebagai pengetahuan belaka, bukan sebagai ilmu. Sebenarnya, pendapat ini kurang bisa diterima akal sehat karena sejarah mustahil dapat diulang walau bagaimana pun caranya karena sejarah hanya terjadi sekali untuk selama-lamanya. Walau mendapat tantangan sedemikian itu, ilmu sejarah terus berkembang dan menunjukkan keeksisannya dalam tataran ilmu.
          “Belajar tentang sejarah untuk membangun sejarah”(Arnold Toynbee)
2. Dapat menentukan masa depan
Sejarah pada hakikatnya adalah studi tentang manusia dan kehidupannya dalam konteks waktu tertentu. Sementara waktu itu sendiri dalam pengertian sejarah berupa sebuah garis memanjang yang lurus ke depan dan menunjukkan kesinambungan. Sehingga dengan berkesinambungannya waktu masa lalu, sekarang dan masa yang akan datang, maka masa sekarang sangat ditentukan oleh keberadaan masa lalu, dan masa yang akan datang sangat ditentukan oleh keberadaan masa sekarang. Kesimpulannya, lewat sejarah kita bisa mempelajari masa yang akan datang.

“Sejarah akan baik padaku, karena aku akan menulisnya” (Winston Churchill)

3. Dapat menjadi sumber inspirasi

             Kalau anda membaca sejarah tentang tokoh tokoh populer di dunia maka anda akan menemukan kisah-kisah yang inspiratif didalamnya contoh saja tentang perjalanan hidup Thomas Alva Edison, dari anak yang dianggap idiot hingga dapat melahirkan beberapa penemuan yang berarti bagi dunia dan cerita inspiratifnya banyak didongengkan oleh guru-guru di sekolah untuk memotivasi anak didiknya dan masih banyak lagi tokoh-tokoh dunia yang perjalanan hidupnya patut ditiru dan contoh lainnya ialah banyak karya di masa lampau yang tidak hanya punya nilai estetika namun juga teknologi yang belum di ketahui karena terkubur oleh waktu contohnya  bagaimana karya seperti candi borobudur,piramida,dan yang lainnya di buat.

  “Mereka yang tidak mengenal masa lalunya, dikutuk untuk mengulanginya ”(George Santayana)

4. Merupakan sumber pelajaran

            Berbicara mengenai sejarah memang tidak akan selesai hanya dengan membaca sebuah buku yang besar yang isinya ribuan halaman, karena akan selalu ada sejarah sejarah yang baru yang ditorehkan dan melalui sejarah yang baru akan ada pelajaran yang bisa diambil salah satu cohtoh ketika Lionel Messi memenangkan ballon d’or empat kali secara berturut turut, pelajaran yang bisa diambil dari peristiwa ini adalah faktor fisik tidak akan mempengaruhi seseorang jika ia mempunyai keinginan yang kuat sama halnya juga dengan Stephen Hawking yang mampu menjadi ilmuwan terkenal bahkan dikatakan bepengaruh di abad 21 hingga namanya di sejajarkan dengan ilmuwan terkenal lainnya seperti Albert Einstein

                       “Satu-satunya sumber pengetahuan adalah pengalaman” (Calvin Coolidge)

5. Rekreatif namun Edukatif

            Akhirnya sampai juga di poin terakhir dan inilah salah satu poin kenapa saya menyukai sejarah yaitu rekreatif kalau mengacu pada KBBI artinya ialah penyegaran kembali badan dan pikiran seperti hiburan dan piknik, itu karena menurut saya belajar sejarah itu tidak terlalu monoton tidak harus melulu dari buku kita bisa belajar sambil hiburan seperti dengan menonton film  dan salah satu film favorit saya adalah film yang bertema abad pertengahan “Kingdom Of Heaven”, ataupun sambil piknik istilahnya wisata sejarah seperti pergi ke museum  atau cagar budaya yang punya nilai sejarah

                          “You are not what you were born, but what you have it in yourself to be.

Terima kasih telah membaca sampai akhir mohon maaf jika ada kesalahan karena terbatasnya ilmu yang saya punya dan mohon di koreksi dan jika ada kekurangan mohon ditambahkan.

9 komentar:

  1. mantab gan infonya. ane jadi tahu sekarang. sejarah itu penting

    BalasHapus
  2. Yup gan. Sejarah emg penting untuk melangkah ke masa depan yg lebih baik.

    BalasHapus
  3. Sejarah emg penting gan. Sebagai acuan untuk masa depan yg lebih baik.

    BalasHapus
  4. Jadi inget materi kelas X nih... Nice gan

    BalasHapus
  5. Mantap gan artikenya bermanfaat banget :D

    BalasHapus
  6. Belajar sejarah itu emang seru, seperti mendengan dongeng tapi kadang bikin males utk menghafal saat ujian :D

    BalasHapus
  7. mneambah wawasan serta membuat kita menghargai sejarah,nice post

    BalasHapus
  8. artikelnya sangat membantu gan kunjungi balik yah dan berikan commentar http://ilmubagusku.blogspot.in/2015/10/optimasi-seo-onpage-cara-menulis.html

    BalasHapus